RSS

MASKOT FLORA DAN FAUNA KOTA YOGYAKARTA

28 Oct

Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta

Flora Identitas kota dan kabupaten di kota Yogyakarta merupakan tumbuhan khas yang menjadi maskot kota dan kabupaten masing-masing. Tumbuhan-tumbuhan ini melengkapi kepel yang ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut adalah daftar flora (tumbuhan) yang ditetapkan sebagai flora identitas 5 (lima) kota dan kabupaten di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Kota Yogyakarta : Flora Identitas kota Yogyakarta adalah Kelapa Gading (Cocos nucifera “kultivar gading”)
  2. Kabupaten Bantul : Flora Identitas kabupaten Bantul adalah Sawo kecik (Manilkara kauki)
  3. Kabupaten Sleman : Flora Identitas kabupaten Sleman adalah Salak Pondoh (Salacca zalacca kultivar pondoh)
  4. Kabupaten Kulon Progo : Flora Identitas kabupaten Kulon Progo adalah Manggis Kalagesing (Garcinia mangostana kultivar kalagesing)
  5. Kabupaten Gunung Kidul : Flora Identitas kabupaten Gunung Kidul adalah pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus)

Fauna Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta

Kabupaten dan Kota di Yogyakarta memiliki fauna identitas sebagai satwa khas dan maskot kota dan kabupaten masing-masing. Ini melengkapi penetapan kepel dan burung perkutut sebagai flora dan fauna provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut adalah daftar binatang (satwa) yang ditetapkan sebagai fauna identitas kota dan kabupaten di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1.  Kota Yogyakarta : Fauna Identitas kota Yogyakarta adalah burung tekukur atau merbuk dalam (Streptopelia chinensis tigrina) yang dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Spotted Dove.
  2. Kabupaten Bantul : Fauna Identitas kabupaten Bantul adalah dederuk jawa atau burung puter (Streptopelia bitorquata) yang dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Island Collared Dove.
  3. Kabupaten Sleman : Fauna Identitas kabupaten Sleman adalah burung anis merah atau punglor merah (Zoothera citrina) yang dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Orange-headed Thrush.
  4. Kabupaten Kulon Progo : Fauna Identitas kabupaten Kulon Progo adalah burung kacer (Copsychus saularis). Burung ini disebut juga sebagai burung kucica kampung, murai, murai kampung yang dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Oriental Magpie Robin.
  5. Kabupaten Gunung Kidul : Fauna Identitas kabupaten Gunung Kidul adalah Lebah Madu (Apis indica) yang biasa disebut juga lebah madu kecil.

 
Leave a comment

Posted by on October 28, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: